Phil Hellmuth mengirimkan gelang World Series of Poker (WSOP) ke-16 yang memecahkan rekor musim gugur ini. Shaun Deeb memenangkan yang kelima, tetapi suatu hari dia akan melampaui “Kakak Poker,” atau begitulah yang dia klaim pada Doug Polkpodcast Selasa.

Deeb, yang secara konsisten bersaing untuk WSOP Player of the Year, memiliki perjuangan yang berat untuk mencapai tujuannya yang mulia. Dia sudah berusia 35 tahun, tetapi dia memberi tahu Polk bahwa dia hanya berencana untuk hidup sampai dia mencapai usia 55 tahun.

Rekor yang Tidak Bisa Dipecahkan?

Pada tahun 2018, Deeb memenangkan penghargaan POY dan telah memenangkan kelima gelangnya sejak 2015. Hanya sedikit, jika ada, yang memainkan lebih banyak acara WSOP setiap tahun, dan dia menjelaskan bahwa dia akan terus melakukannya di masa mendatang. Dan, tentu saja, dia adalah pemain poker hebat yang mampu berlari jauh di turnamen apa pun. Tapi tugasnya tidak akan mudah, jadi mengapa dia begitu percaya diri?

“Saya lebih baik di turnamen lapangan kecil (daripada Hellmuth),” kata Deeb ketika ditanya oleh Polk mengapa dia begitu percaya diri. “Phil hebat dalam banyak hal, tapi itu bukan keahliannya.”

Hellmuth memenangkan gelang nomor 16 pada bulan Oktober dan memiliki tiga sejak 2015, dua lebih sedikit dari Deeb. Pada usia 57, dia cenderung sedikit melambat dalam dekade berikutnya. Dengan asumsi dia memasang beberapa gelang lagi selama 10-12 tahun ke depan, itu akan menempatkannya di kisaran 19-20. Setelah itu, siapa pun dapat menebak apakah dia dapat terus memenangkan gelang hingga usia 70-an.

Phil Hellmuth

Deeb memiliki rata-rata 0,7 gelang selama tujuh seri terakhir. Jika dia melanjutkan kecepatan itu sampai dia mencapai usia magis 55, dia akan memiliki sekitar 19 total gelang (lima saat ini + 14 yang baru), yang berarti di permukaan klaimnya untuk melewati Hellmuth tidak terlalu gila.

Tapi ada lebih banyak alasan untuk berpikir dia bisa meningkatkan kecepatan itu ke depan. Seperti yang diakui Deeb selama percakapannya dengan Polk, WSOP berubah. Sekarang ada lebih banyak peluang daripada sebelumnya untuk memenangkan gelang. Tidak hanya ada turnamen langsung di Las Vegas dan di WSOP Eropa, pemain juga dapat memenangkan gelang di WSOP.com dan GGPoker sepanjang tahun.

Sebelum pandemi, ada lebih dari 70-80 peluang untuk memenangkan gelar WSOP, dan jauh lebih sedikit daripada di hari-hari awal World Series of Poker. Saat ini, dengan masuknya acara gelang online, ada lebih dari 200 peluang per tahun untuk memenangkannya, dengan asumsi WSOP berlanjut di jalur ini.

Tantangan Terbesar dalam Menangkap Hellmuth

Deeb yakin suatu hari dia bisa melampaui rekor gelang Hellmuth. Tapi mungkin ada beberapa kendala di sepanjang jalan, sebagian besar keahlian dan tekad pemain yang dia kejar.

Pada usia 57, Hellmuth buat rekor seri tunggal WSOP dengan tujuh penampilan meja final, dan dia memenangkan gelang lain. Jadi, dia tidak melambat seiring bertambahnya usia. Faktanya, WSOP 2021 bisa dibilang yang terbaik dari Hellmuth.

Mempertimbangkan hal itu, Deeb mungkin dapat terus menghancurkannya selama 5, 10, 20 tahun ke depan dan masih tertinggal jauh dari Hellmuth. “Poker Brat” memiliki enam gelang lebih banyak dari siapa pun, dan hanya tiga lainnya — Doyle Brunson, Johnny Chan, Phil Ivey — telah mencapai tanda 10 gelang.

Deeb mengklaim di podcast Polk, yang Anda tonton di bawah, bahwa Hellmuth tidak hebat dalam acara-acara kecil. Tapi Hellmuth memang memiliki beberapa kesuksesan besar musim gugur ini di turnamen tersebut. Faktanya, ada di bawah 140 pemain kecuali satu dari tujuh penampilan terakhirnya di WSOP 2021.

Tentu, kita berbicara tentang ukuran sampel yang kecil, tetapi itu hanya menunjukkan bahwa Hellmuth mampu memenangkan gelang jika Deeb mengklaim bahwa dia tidak beruntung.